DENGAN NAMA ALLAH YANG MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG
A.
SAID MUSAYYIB AL
MAKHZUMI.
1. Barangsiapa
berdiam di masjid dan meninggalkan pekerjaan, lalu menerima pembe-rian yang
datang kepadanya, ia termasuk mengharap sesuatu dengan cara meminta-minta.
2. Tekad
akan mengubah rintangan dan kesulitan menjadi sarana untuk mencapai tujuan.
3. Ya
Allah, sesungguhnya Engkau tahu bahwa aku mengumpulkan harta tidak lain untuk
memelihara agamaku, untuk menyambung persaudaraanku, memelihara kehormatanku,
dan menunaikan hutangku. Tak ada kebaikan bagi orang yang mengumpulkan harta
kecuali untuk memelihara kehormatannya, menyambung silaturahmi, menunaikan
hutang dan melindungi agamanya.
B. AR RABI BIN KHUTSAIM.
1. Banyak
manusia yang takut kepada Allah setelah melihat dosa-dosa yang dilakukan orang
lain. Namun sayang, mereka tidak merasakan hal itu ketika melihat dosa-dosa
yang dilakukannya sendiri.
2. Dosa
yang sesungguhnya adalah dosa-dosa tersembunyi yang sengaja disembunyikan dari
hadapan manusia, sedangkan dosa-dosa tersebut tampak jelas dihadapan Allah.
3. Tidak
ada kebaikan dalam ucapan kecuali delapan hal, yaitu: (a) ucapan tahlil; (b)
takbir; (c) tasbih; (d) tahmid, (e) permohonanmu terhadapa kebaikan; (f)
perlindunganmu terhadap keburukan; (g) seruanmu pada kebaikan dan laranganmu
terhadap kemunkaran, serta (h) tilawah AlQuran.
4. Jika
seseorang mau melihat aibnya sendiri, niscaya tidak ada seorang pun yang
men-cela aib orang lain.
5. Bagi
siapa saja yang ketika malamnya telah menyelimuti dunia, sedang ia takut akan
kejahatan (nafsu yang menyuruh pada keburukan), sudah menjadi haknya untuk
menyedikitkan tidur (melakukan shalat malam).
C.
SAID BIN JUBAIR.
1. Sesungguhnya,
termasuk pahala kebaikan adalah kebaikan sesudahnya. Sesungguh-nya, termasuk
keburukan adalah keburukan setelahnya.
2. Jika
tidak boleh melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar kecuali orang yang sem-purna,
niscaya tidak ada satu pun orang yang boleh melakukannya.
3. Tidak
diterima suatu perkataan kecuali jika disertai amal; tidak akan diterima
perka-taan dan amal kecuali disertai dengan niat; dan tidak akan diterima
perkataan, amal dan niat kecuali disesuaikan dengan sunnah Rasulullah SAW.
4. Rasa
takut (yang sebenarnya) adalah engkau takut kepada Allah Azza wa Jalla se-hingga
rasa takutmu menjadi penghalang antara dirimu dengan maksiat kepada-Nya.
5. Dzikir
adalah taat kepada Allah. Barangsiapa menghadap kepada Allah dan menaati-Nya,
sesungguhnya ia telah berdzikir kepada-Nya dan barangsiapa yang berpaling
dari-Nya dan tidak menaati-Nya, sesungguhnya ia tidak berdzikir kepada-Nya
walaupun ia menghabiskan malam harinya dengan bertasbih dan bertilawah.
6. Tidak
ada sesuatu pun yang lebih aku sukai daripada sujud. Betapa tidak, sujud bisa
membuat marah setan dan menangkal tipu daya yang dilancarkannya.
D.
MUSLIM BIN YASAR
1. Ya
Allah, pertemukanlah aku dengan-Mu dalam keadaan Engkau ridha kepadaku.
2. Jika
akau memakai pakaian lalu aku menduga bahwa engkau lebih baik memakai pakaian
ini daripada pakaian yang lain, maka itulah pakaian terburuk bagiku. Karena
itu, ambillah!
3. Aku
takut seandainya amalku terasuki oleh sesuatu yang merusakku, kecuali cinta
karena Allah.
4. Aku
pernah sakit, dan saat itu aku tidak lebih percaya diri dengan suatu amalanku,
kecuali mencintai suatu kaum karena Allah.
5. Ketahuilah,
tidak ada kenikamatan yang paling nikmat di dunia ini sebagaimana kenikmatan
berkhalwat (maksudnya adalah menunjukkan
keheningan untuk merenungkan Allah SWT dan mengingat-Nya setiap saat dengan
menyebut nama Allah dalam hati, pikiran atau lisan) untuk munajat kepada Allah SWT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar